a. Hubungan Pers
Hubungan pers adalah untuk mencapai publikasi yang maksimum atas suatu pesan atau informasi PR dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dan organisasi yang bersangkutan.
Fungsi Pers :
1. Penyalur aspirasi masyarakat.
2. Sumber Informasi.
3. Alat kontrol sosial.
4. Pembentuk opini masyarakat.
5. Sebagai media promosi.
6. Dokumentasi.
Kekuatan Pers :
1. Alat ampuh untuk mempengaruhi, menyalurkan ide – ide yang merangsang minat pembaca.
2. Dapat mempersatukan publik yang terpisah – pisah, menjadi suatu kekuatan besar yang mempu mendobrak dan mengubah suatu objek sesuai dengan kehendak pers, baik yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan.
3. Sebagai alat control sosial yang telah mendapat pengakuan resmi dari pemerintah.
Hubungan PR dengan media massa mempunyai 5 (lima sasaran), yakni :
1. Untuk memperoleh publisitas seluas mungkin mengenai kegiatan serta langkah organisasi yang dianggap baik untuk diketahui oleh public.
2. Untuk memperoleh tempat dalam pemberitaan pers mengenai hal – hal yang menguntungkan organisasi.
3. Untuk memperoleh umpan balik mengenai upaya dan kegiatan organisasi.
4. Untuk melengkapi data atau informasi bagi pimpinan lembaga atau organisasi untuk keperluan pembuatan penilaian.
5. Untuk mewujudkan hubungan yang stabil dan berkelanjutan yang didasari oleh rasa saling percaya dan saling menghormati.
b. Teknik Menciptakan Hubungan yang Baik dengan Pers
Manfaat menciptakan hubungan yang baik dengan media massa :
1. Mencegah/menetralisir pemuatan berita yang dapat menggangu/merusak citra dan nama perusahaan (produk/managen)
2. Menetralisir kasus yang terjadi diperusahaan, yang telah dibritakan secara sepihak oleh pers.
3. Dapat memuat berita yang menunjang citra perusahaan.
4. Dapat memuat berita mengenai perkenalan produk baru (launching) atau membantu program promosi dan kampanye.
5. Dapat menjadi sumber informasi khusus yang tidak dimuat dalam media, yang bermanfaat bagi perusahaan.
6. Menjalin komunikasi dua arah dengan kalangan media massa.
Cara membina hubungan yang baik dengan media massa :
1. Mengadakan kegiatan olah raga antara wartawan dengan perusahaan atau antar pimpinan.
2. Proyek kerjasama antara perusahaan dengan media massa.
3. Menyelenggarakan pendidikan informal bagi wartawan dengan maksud memberikan pemahaman dan wawasan yang lebih baik tentang perusahaan.
4. Personal contact atau personal approach.
5. Setiap menyelenggarakan event, diikuti dengan jumpa pers (press conference).
6. Menerima kedatangan wartawan secara wajar tanpa curiga/ ragu.
7. Bila perlu memberikan bantuan secara pribadi, melalui evaluasi apakah bermanfaat bagi kedua belah pihak.
8. Mengirim parcel/souvernir atau kartu ucapan pada hari raya atau HUT.
9. Memberikan fasilitas lebih lainnya.
10. Melayani pelayanan interview secepatnya (dievaluasi terlebih dahulu).
11. Breakfast meeting/luncheon yang telah diprogramkan.
12. Proyek promosi :
- Media elektronik : diliput untuk menampilkan produk yang dipasarkan.
- Media cetak : menulis artikel tentang perusahaan disurat kabar/majalah.
Untuk melaksanakan hubungan dengan media massa, tersedia wahana yang perlu dikembangkan, yakni ;
1. Pembentukan kontak pribadi.
2. News service (news release, news kit, executive profile).
3. Contingency plan (hal – hal mendadak)
- pengaruh (sirkulasi,popularitas) media massa yang bersangkutan.
- Dampak hasil wawancara.
- Kredibilitas pewawancara.
4. Press release/news release.
5. Press Conference dan Press Briefing.
6. Press Tour.
c. Teknik Wawancara
Wawancara dapat dibedakan menjadi :
1. Untuk memperoleh informasi.
2. Untuk memperoleh pendapat.
3. Untuk bahan biografi/ulasan tokoh.
Teknik wawancara :
1. Metode wawancara lisan
2. Metode wawancara tulisan.
Menghadapi wartawan yang mewawancarai :
1. Jawablah pertanyaan selayaknya kecuali yang bersifat rahasia.
2. Meminimalkan keterangan yang bersifat “off the record”.
3. Berikan kepada pers : uraian pelengkap (background material)
4. Selalu terbuka bagi kunjungan wartawan – wartawan.
5. Bila memungkinkan tersedia ruangan pertemuan dengan wartawan yang dilengkapi mesin tik/computer dan kertas tulis.
6. Memberikan press service yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar